Bongkar Tirani

Grab this Headline Animator

Bongkar Tirani

Kalau "air mata" diserahkan kepada rakyat... Tapi... kalau "mata air" diambil oleh penguasa... Kapan "air mata" itu hilang dari mata rakyat? ataukah abadi selamanya karena kerakusan penguasa?

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Minggu, 09 Mei 2010

Pengembangan Komunitas


Dalam kehidupan bermasyarakat, di suatu komunitas tidak dapatdipungkiri bahwa disadari maupun tidak, terdapat permasalahan dankebutuhan yang selalu di hadapi. Dampak yang kemudian timbul tidakhanya terjadi pada komunitas itu sendiri melainkan relasi sosiallainnya ikut pula mengalami.

Pada akhirnya pengembangankomunitas menjadi suatu alat yang dapat dilakukan dalam prosespemberdayaan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan persoalan yangdihadapinya. Komunitas merupakan pihak yang paling mengetahui danmemahami masalah, kebutuhan, potensi dan situasi fisik/ sosial yangterjadi dilingkungannya. Sehingga pengembangan komunitas merupakan halyang penting untuk dilakukan.

Terdapat tiga pilar yang perludilakukan komunitas untuk memperoleh tujuan yang ingin di capai. Ketigapilar ini yaitu pengorganisasian; melakukan advokasi dan; berjejaring.Serangkaian kegiatan untuk melaksanakan pilar tersebut dapat dilakukandengan menggunakan konsep pemberdayaan. Konsep ini merupakan rangkaianyang tidak baku satu sama lain, namun memiliki satu kesatuan yang tidakakan optimal jika terpisah yakni kesejahteraan, akses, kesadarankritis, pastisipatif, kontrol atau kuasa.

Dalam keseluruhanproses ini memiliki rangkaian dasar yang berupa perencanaan, refleksidan pelaksanaan yang dapat dilakukan berulang-ulang hingga tujuantarget dapat tercapai.

Anda dapat melakukan sesuatu mulai dari sekarang atas informasi dasarini. Anda dapat berbuat untuk anda sendiri, komunitas anda danlingkungan masyarakat anda. Karena anda merupakan bagian dari solusiseperti halnya yang kami lakukan yakni dari pecandu, oleh pecandu danuntuk pecandu.


0 Tulis komentar Kalian disini...: